MATH FOR LIFE

Matematika asik dan menyenangkan, bukan ?

Rabu, 21 Desember 2022

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 


Sekolah                  : SMA 

Mata Pelajaran      : Matematika 

Kelas/Semester    :XI/Genap

Alokasi Waktu       2 × 40 menit


A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi pada pertemuan ini, siswa diharapkan dapat:

1.      Memahami konsep turunan fungsi aljabar

2.      Menentukan turunan fungsi menggunakan definisi

B.     Materi Pembelajaran

Turunan Fungsi

1.      Definisi turunan fungsi aljabar

C.     Model dan Metode Pembelajaran

1.      Model             : Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

2.      Metode           : Ceramah, diskusi, penugasan

D.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Tahap TPS

 

 

 

Pendahuluan

1.         Melakukan salam pembuka, berdoa, absensi, dan mengondisikan suasana belajar

2.         Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran manfaat mempelajari materi turunan fungsi

3.         Mengecek penguasaan materi prasayat yaitu limit fungsi

4.         Menginformasikan tujuan pembelajaran dan mekanisme kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah kegiatan inti pembelajaran pada RPP

 

 

 

 

 

 

 

 

Inti

1.         Guru menyajikan konsep dan memberikan penjelasan tentang konsep tersebut

2.         Guru memberikan LKPD 1 yang harus diselesaikan oleh siswa

 

3.         Siswa mengamati dan memikirkan secara mandiri solusi dari permasalahan yang diberikan

4.         Siswa memberikan pertanyaan dari apa yang diamati

 

Think

5.         Siswa berpasangan (yang sebelumnya telah diatur secara heterogen oleh guru sebelum proses belajar mengajar dimulai) mengumpulkan informasi tentang solusi yang dipikirkan secara mandiri sebelumnya

6.          Siswa berpasangan mengasosiasikan informasi yang

diperoleh dan menyelesaikan LKPD

 

 

Pair

 

7. Guru meminta beberapa pasangan untuk mempresentasikan atau/ membagi hasil diskusinya kepada pasangan siswa yang lain dan memperjelas jika terdapat kekurangan

 

Share

 

 

 

Penutup

1.         Guru membimbing siswa membuat rangkuman dari proses pembelajaran serta melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan

2.         Guru memberikan apresiasi kepada setiap pasangan terkait aktivitas yang telah dikerjakan

3.         Guru memberikan penugasan dan memberikan informasi terkait materi untuk pertemuan berikutnya

4.         Salam penutup

 

E.     Alat dan Sumber Belajar

Alat                      : Papan tulis, spidol, penghapus

Sumber belajar     : Buku Matematika SMA Kelas XI K-13 Edisi Revisi 2016, Yrama Widya

     

     F.      Penilaian

Teknik      : Tes tertulis

Bentuk      : Tes Uraian




Tidak ada komentar:

Posting Komentar