RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :XI/Genap
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada pertemuan ini, siswa diharapkan dapat:
1. Memahami konsep turunan fungsi aljabar
2. Menentukan turunan fungsi menggunakan definisi
B. Materi Pembelajaran
Turunan Fungsi
1. Definisi turunan fungsi aljabar
C. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model : Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
2. Metode : Ceramah, diskusi, penugasan
D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Tahap TPS |
Pendahuluan | 1. Melakukan salam pembuka, berdoa, absensi, dan mengondisikan suasana belajar 2. Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran manfaat mempelajari materi turunan fungsi 3. Mengecek penguasaan materi prasayat yaitu limit fungsi 4. Menginformasikan tujuan pembelajaran dan mekanisme kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah kegiatan inti pembelajaran pada RPP |
|
Inti | 1. Guru menyajikan konsep dan memberikan penjelasan tentang konsep tersebut 2. Guru memberikan LKPD 1 yang harus diselesaikan oleh siswa |
|
3. Siswa mengamati dan memikirkan secara mandiri solusi dari permasalahan yang diberikan 4. Siswa memberikan pertanyaan dari apa yang diamati |
Think | |
5. Siswa berpasangan (yang sebelumnya telah diatur secara heterogen oleh guru sebelum proses belajar mengajar dimulai) mengumpulkan informasi tentang solusi yang dipikirkan secara mandiri sebelumnya 6. Siswa berpasangan mengasosiasikan informasi yang diperoleh dan menyelesaikan LKPD |
Pair |
| 7. Guru meminta beberapa pasangan untuk mempresentasikan atau/ membagi hasil diskusinya kepada pasangan siswa yang lain dan memperjelas jika terdapat kekurangan |
Share |
Penutup | 1. Guru membimbing siswa membuat rangkuman dari proses pembelajaran serta melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan 2. Guru memberikan apresiasi kepada setiap pasangan terkait aktivitas yang telah dikerjakan 3. Guru memberikan penugasan dan memberikan informasi terkait materi untuk pertemuan berikutnya 4. Salam penutup |
|
E. Alat dan Sumber Belajar
Alat : Papan tulis, spidol, penghapus
Sumber belajar : Buku Matematika SMA Kelas XI K-13 Edisi Revisi 2016, Yrama Widya
F. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk : Tes Uraian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar