MATH FOR LIFE

Matematika asik dan menyenangkan, bukan ?

Rabu, 21 Desember 2022

   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                     SMP/MTs 

Mata Pelajaran            Matematika

Kelas/Semester        :  /  1

Alokasi Waktu            5 x 40 menit

KD                      : 3.1 - 4.1

Pertemuan Ke           :

Materi : Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar

 

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:

·         Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat

·         Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat

·         Memahami bilangan bentuk akar

·         Memahami cara menentukan nilai perpangkatan

·         Memahami pengertian notasi ilmiah (bentuk baku)

·         Mengidentifikasi Pangkat bilangan pecahan

·         Mengidentifikasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama

·         Mengidentifikasi perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat

·         Mengidentifikasi perpangkatan pada perkalian bilangan

·         Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.

·         Menyederhanakan operasi pada perpangkatan

·         Menyajikan hasil pembelajaran bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya

·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya

 

B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop & infocus

 

Sumber:

Buku Matematika Kelas 9

Internet

https://www.masbabal.com

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Bilangan berpangkat bulat negatif

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Bilangan berpangkat bulat negatif

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Bilangan berpangkat bulat negatif

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Bilangan berpangkat bulat negatif Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

 

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C. PENILAIAN

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar